NOTULENSI DISKUSI PENALARAN “SISTEM PERKULIAHAN AGROTEKNOLOGI TAHUN AJARAN 2020”


NOTULENSI DISKUSI PENALARAN
“SISTEM PERKULIAHAN
AGROTEKNOLOGI TAHUN AJARAN 2020”


Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 9 Mei 2020
Tempat            : di Tempat masing – masing
Media diskusi  : Google meet
Waktu             : 09.00 – 11.16 WIB
Bahasan           : Sistem Perkuliahan Agroteknologi Tahun ajaran 2020
Peserta             : mahasiswa agroteknologi Semester 2014-2019
Pemateri          : Dr. Ir. Bakti Wisnu Widjajani, MP.
                          (Koordinator Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian)
Moderator       : Rizky Wahyu L.
Dihadiri           : Dr. Ir. Nora Agustien K., MP.
                          Prof. Dr. Ir. Juli Santoso P., MP.
                          Dr. Ir. Sri Wiyatiningsih, MP.
                          Dr. Ir. Tri Mujoko, MP.
                          Dr. Ir. Moch. Arifin, MT.
                          Ketua BLMJ Agrotekonologi (Ryan Dwiky A)
                          Ketua umum Imagrotek (Rofidah Nurfitriyah)


TATA TERTIB DISKUSI
Tata tertib diskusi sebagai berikut:
1.      Diskusi berlangsung pada hari Sabtu 09 Mei 2020 pukul 09.00- 11.00 WIB. Dilaksanakan via google meet. Silahkan masuk melalui link yang sudah di berikan.
2.      Selama diskusi berlangsung, mic seluruh peserta harap dimatikan, kecuali moderator dan pemateri.
3.      Jika peserta diskusi ingin bertanya, silahkan ketik "izin bertanya" dikolom chat, dan menunggu moderator mempersilahkan untuk bertanya.
4.      Dalam satu pertanyaan, peserta diberikan kesempatan tanggapan sebanyak 2 kali.
5.      Untuk peserta selain penanya yang ingin memberikan tanggapan, diharap mengetik "izin menanggapi" di kolom chat.
6.      Jika penanya/pemberi tanggapan tidak menanggapi moderator selama 3 kali panggilan, maka diteruskan ke penanya/pemberi tanggapan selanjutnya.



ISI MATERI
DISKUSI SISTEM
 PERKULIAHAN TAHUN AJARAN 2020

SISTEM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
A.    KEGIATAN REGISTRASI
·         Pengisian dan pengesahan Kartu Rencana Studi (KRS) secara Online.
Setelah mahasiswa diterima menjadi mahasiswa agroteknologi maka mahasiswa wajib mengisi KRS secara Online lalu selanjutnya dikonsultasikan dengan doswal/pembimbing akademik. Satu mahasiswa memiliki satu doswal, walaupun KRS dapat diisi secara online tetapi setelahnya mahasiswa harus bertemu dengan doswal kemudian nanti akan berbincang dengan dosen wali, berkenalan, kemudian beberapa hal bisa disampaikan.  
·         Perubahan pengambilan mata kuliah (KPRS)
KPRS hanya berlaku untuk semester 2 dan seterusnya.
1. Perbaikan mata kuliah
2. Pembatalan, pengurangan mata kuliah atau penambahan mata kuliah
KPRS ilakukan maksimal 2 minggu setelah perkuliahan dimulai. Jadi mahasiswa mengisi KRS sebelum perkuliahan, dan setelah perkuliahan dimulai ada waktu 2 minggu untuk melakukan KPRS.
·         Konsultasi rencana studi
Setelah akhir semester harus bertemu dengan doswal sehingga frekuensi pertemuan dengan doswal minimal 2 kali dalam satu semester yaitu diawal dan akhir perkuliahan. Alangkah lebih baiknya, diantara 2 waktu tersebut mahasiswa bertemu dengan doswal untuk berkonsultasi tentang perkuliahan selama perkuliahan. Hal ini bertujuan agar doswal memiliki rekaman.

B.     NILAI KREDIT DAN BEBAN STUDI
·         Nilai Satuan Kredit Semester untuk Perkuliahan
Nilai 1 SKS untuk perkuliahan didasarkan atas 3 (tiga) macam beban kegiatan per minggu sebagai berikut :
1.               50 menit acara tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar, misalnya dalam bentuk kuliah.
2.               60 menit acara kegiatan akademik terstruktur (pekerjaan rumah atau menyelesaikan soal-soal dan studi kasus)
Ø  diprogramkan dengan dosen yang bersangkutan bersama mahasiswa misal mahasiswa mereview jurnal dll
3.               60 menit acara kegiatan akademik mandiri (membaca buku referensi)
Ø  Setelah kuliah dengan dosen, maka mahasiswa masih punya beban untuk belajar dengan mereview matkul atau belajar untuk matkul mendatang selama 60 menit.
Ø  Jangan bersungut-sungut ketika dosen memberi tugas karena sebetulnya dalam kegiatan belajar 1 sks kita punya 60 menit untuk mengerjakan tugas. 60 menit untuk ke perpus, googling.
·     Beban Studi
  SKS setara dengan 3 jam per pekan per semester
1.      Rata-rata waktu belajar 8 - 10 jam sehari (6 hari per pekan)
2.      Satu semester terdiri atas 14 pekan tatap muka + 2 Ujian
3.      Beban studi mahasiswa untuk sekitar 16-20 SKS memerlukan waktu 48 – 60 jam per pekan
4.      Beban studi untuk Sarjana S-1 minimal 144 SKS
5.      Mimimal masa studi 3,8 tahun (7,5 semester)
Ø  Kenapa pada semester pertama dipaketkan 20 sks karena semester satu merupakan peralihan dari siswa menjadi mahasiswa yang mebutuhkan adaptasi dengan dunia perkuliahan.
Ø  Kelulusan bukan didasarkan pada SKS tetapi pada ketercapaian mahasiswa dalam memahami arti dari apa yang dipelajari, filosofi apa saja yang telah dipelajari selama perkuliahan beserta beban yang menyertainya.
Ø  Jika dengan beban 20 SKS mahasiswa mendapat IP yang kurang dari IP minimal, maka siap-siap keluar dari FP.
Ø  Dikatakan lulus jika bisa mencapai pembelajaran secara tuntas bukan hanya dinilai dari IP.
Ø  Ketercapaian mahasiswa dalam proses pembelajaran kira-kira bisa dilihat 3 tahun setelah mahasiswa lulus, mampu tidak dia menangani lingkungan diluar kampus sendirian.

·  Nilai Satuan Kredit Semester untuk Praktikum, Penelitian, Praktek  Kerja Profesi dan Sejenisnya, ditentukan sbb :     

1.      Nilai kredit semester untuk penelitian penyusunan skripsi, tesis dan sejenisnya. adalah beban tugas penelitian sebanyak 3 sampai 4 jam sehari selama 1 bulan, dimana satu bulan dianggap setara dengan 25 hari kerja.
2.      Nilai satu kredit semester untuk praktikum dan laboratorium adalah beban tugas di laboratorium sebanyak 2 sampai 3 jam per minggu selama 1 semester.
3.      Nilai satu kredit semester untuk praktek kerja lapangan dan sejenisnya adalah beban tugas di lapangan sebanyak 4 sampai 5 jam per minggu dalam satu semester.


2. EVALUASI KEMAJUAN DAN KEBERHASILAN STUDI, KURIKULUM

A. EVALUASI
Ada 3 kali evaluasi
1.    Evaluasi Keberhasilan Studi 2 tahun Pertama
Dilakukan di semester 4 mahasiswa akan dievaluasi
a.    Telah mengumpulkan sekurang-kurangnya 48 sks
b.    IPK sekurang-kurangnya sama dengan 2,00 Apabila
Jika kurang dari 48 dipersilahkan meninggalkan kampus tercinta. Karena setiap tahun selalu dievaluasi oleh progdi, maaka sebelumnya harus mengevaluasi diri sendiri dulu.
2.    Evaluasi Keberhasilan Studi 2 Tahun Kedua
a.       Mengumpulkan sekurang-kurangnya 96 sks (Termasuk kredit 2 tahun pertama)
b.      IP Kumulatif serendah-rendahnya sama dengan 2,50
Hanya berlaku untuk agroteknologi
3.   Evaluasi Keberhasilan Studi pada Akhir Studi Sarjana
a.       Mempunyai Sertifikat Penguasaan Bahasa Inggris Setara TOEFL dengan skore minimal 450
b.      Telah melakukan dan membuat laporan Studi Lapang, Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan Praktek Kerja Lapang.
c.       Telah mengumpulkan kredit minimal 144 sks.
d.      Masa studi tidak lebih dari 7 tahun.
e.       IP kumulatif sekurang-kurangnya sama dengan 2,75.
f.        Tidak ada nilai mutu akhir E.
g.      Nilai mutu akhir D paling banyak 5 % dari total mata kuliah
h.      Nilai Pendidikan Pancasila minimal C.
i.        Lulus Ujian skripsi dengan nilai serendah-rendahnya B-
                  Jika 9 poin terpenuhi mahasiswa dianggap tuntas belajar dan bisa diwisuda

B.     KURIKULUM 2019

Ø  Ditampilkan hanya kurikulum tahun 2019, dikarenakan pada tahun 2018 program studi agroteknologi pada saat kaprogdinya ibu penta, telah mengadakan loka karya kurikulum atau rekonstruksi kurikulum. Rekontruksi kurikulum ini dilakukan oleh progdi setiap 4 tahun sekali, sedangkan yang dilakukan 2 tahun sekalian adalah pengembangan pembelajaran.
Ø  Ada beberapa perubahan yang agak mendasar dari kurikulum 2018 ke 2019:
1.      Tahun ajaran 2019 menempatkan matkul dasar peminatan di semester 2
Matkul dasar tersebut adalah DPT DBT DIT, karena ada satu hal yang direncanakan mengingat evaluasi 2 tahunan yaitu apabila suatu mahasiswa terpaksa meninggalkan FP maka mahasiswa tersebut sudah pernah belajar tentang dasar-dasar pertanian.
2.      Perubahan peminatan, untuk peminatan tahun 2017 ketatas itu dilakukan pada akhir semester 4 sekarang berubah.
3.      Susunan matkul banyak mengalami banyak perubahan. Hal ini berdasarkan research study yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna diluar. 

MAGANG KERJA/KKP, KKN DAN SKRIPSI
Mahasiswa boleh mengikuti KKP, KKN dengan syarat:
1.      Magang Kerja/KKP sekurang-kurangnya
Ø  sudah menempuh 85 sks.
Ø  KKP dikelola oleh Progdi
2.      KKN sekurang-kurangnya 100 sks
Ø  Hal ini dikarenakan ketika mahasiswa melakukan KKN maka akan berhadapan langsung dunia luar sehingga diharapkan mahasiswa memiliki kematangan dalam melakukan kegiatan di masyarakat.
Ø  KKN dikelola oleh LPPN (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat)
3.      Skripsi sekurang-kurangnya
a.       Mahasiswa boleh melakukan skripsi sudah menempuh ≥ 136 sks. telah menyelesaikan semua mata kuliah yang ada. Indeks Prestasi Minimal ≥ 2,00 (dua koma nol nol)
b.      Kemampuan Bahasa Inggris setara dengan Toefl 450
c.       Telah selesai KKN dan PKL/KKP boleh mangajukan ujian lisan
d.      Mengisi KRS Skripsi

Ip 3,99 masa studi 3,8 tahun lulus belum tentu mahasiswa itu pandai, ketuntasan belajar dibuktikan dengan ketercapaian capaian pembelajaran bukan dg IP karena pada akhirnya sarjan akan bersaing dengan para lulusan diluar kampus yang masih banyak. Maka untuk memperkuat hal ini dilakukan dengan kompetensi yang termanifestasi dalam SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Jadi kalau mahasiswa lulus jangan bangga kalau hanya punya ijazah, tapi banggalah kalau memiliki SKPI. Contohnya saya menjadi ahli madya dalam pengelolaan kebun sayur dan memiliki sertifikat kompetensi.

SURAT KETERANGAN PENDAMPING IJAZAH (SKPI)
1.      SKPI: Dokumen yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar.
2.      SKPI memuat informasi tambahan tentang prestasi lulusan selama berstatus mahasiswa; dan/atau jabatan dalam profesi.

KAMPUS MERDEKA, MERDEKA BELAJAR
Dengan adanya Kampus merdeka maka:
• Merdeka Belajar didalam kampus:
Ø  mahasiswa boleh melakukan kuliah didalam progdi dan luar progdi (in house dan out house)
Ø  konsepnya mahasiswa harus menempuh 5 semester didalam progdi yang mewajibkan mahasiswa menyelasaikan mata kuliah wajib
Ø  3 semester (semester 6,7,8) mahasiswa boleh mengambil mata kuliah diluar progdi. Misal ingin belajar komunikasi maka mahasiswa bisa mengambil jurusan ilmu komunikasi di fisip.
Merdeka belajar membuat mahasiswa fleksibel dalam melakukan perkuliahan sehingga mampu mengemukakan inovasi dari yang dipelajari. 

• Merdeka Belajar di Luar Kampus:
1.    Magang/PKL/KKP
2.    KKN Tematik
3.    Projek Penelitian
4.    Projek Tugas Akhir

KURIKULUM INTI-MKP WAJIB =  SMT I-V DENGAN SKS MAKSIMAL  114 SKS
1.      KKN                                               =  3  SKS
2.      MKP KOMPETENSI                     =  20 SKS....IN HOUSE/OUT HOUSE
3.      MAGANG/KKP/PKL                    =  2-20 SKS......PER SEMESTER
4.      PENELITIAN/SKRIPSI                  =  6-20 SKS...PER SEMESTER


C.     KURIKULUM 2018
Ada dua opsi dalam program kampus merdeka, merdeka belajar:
1.   Mahasiswa menempuh kuliah dengan matakuliah 144 sks minimal (reguler) dan ingin lulus cepat tanpa mengambil sks banyak-banyak.
Ø  Contoh di semester 7, programnya adalah KKP saja karena mata kuliah pilihan telah dihabiskan di semester 6. KKP sks nya 3 dan semester 8 hanya skripsi saja dengan sks 6. Apabila mahasiswa memilih program pembelajaran yang regular, maka bisa memilih KKP dengan waktu 1-2 bulan kemudian langsung skripsi dengan skripsi masuk ke semester 7 lanjut semester 8 ujian skripsi.
2.   Mahasiswa ingin memantapkan ilmu dan mengembangkan kompetensi saya dengan belajar ditempat lain contohnya dengan penelitian/magang.
Ø  Dengan mengikuti kampus merdeka, merdeka belajar. Opsi yang diblok merah adalah pilihan. Apabila mahasiswa ingin belajar di luar maka bisa mengambil jurusan lain. KKP bisa ditambah juga selama satu semester, begitupun dengan skripsi.

Catatan:
Untuk mahasiswa yang cukup “akademik” silahkan diikuti program yang ditawarkan untuk Kerja magang/skripsi. Nanti akan dilist oleh progdi mana yang bisa didatangi untuk magang dan penelitian. Magang adalah pilihan, jangan terburu-buru lulus, untuk memperbanyak ilmu dapat bisa dilakukan dengan magang dan belajar di situ.


Syarat magang di SEAMEO BIOTROP:
1.      Lolos semester 4
2.      Untuk penelitian dilakukan mulai semester 8
3.  Mahasiswa sudah memahami dengan benar metode penelitian yang akan dilakukan saat magang. 



Catatan penting:
1.      Ketika kita berkuliah maka silahkan dipersiapkan berdasarkan apa yang ingin kita capai, kita mau jadi ahli apa. misal ingin menjadi ahli dibidang pemupukan, maka harus belajar seluk beluk pemupukan yang kaitannya dengan penvemaran maka ambillah tekling (utk 2018-2019).

Tambahan: Dr. Ir. Tri Mujoko, MP.
Dalam kampus merdeka, merdeka belajar segala sesuatunya harus dipersiakan mulai sekarang agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti anda mau kemana, itu harus dimasukkan kedalam KRS agar anda tidak ketinggalan dan terdata.

Syarat magang:
1.      Memiliki PA
2.      Memiliki kaprogdi
3.    Dua hal ini digunakan untuk berkonsultasi apakah yang akan kita inginkan sejalan dengan koridor yang dilakukan. 

ISI SESI DISKUSI
DISKUSI SISTEM
PERKULIAHAN TAHUN AJARAN 2020

1.      Pertanyaan: Mirza Agroteknologi B 2019
Bagaimana dengan sistem penjurusan tersebut (yang dilakukan di agroteknologi)?
Jawaban: Dr. Ir. Bakti Wisnu Widjajani, MP
system penjurusan yang dimaksud disini adalah peminatan. Jadi agrtoeknologi itu ada ada 3 minat yaitu Budidaya Tanaman (dulunya agronomi), Sumber Daya Lahan (dulunya Ilmu tanah) dan hama penyakit yang sekarang menjadi kesehatan tanaman. Lalu, bagaimana system penjurusannya? Jadi, seorang mahasiswa, misal mas mirza yang angkatan 2018 sudah selesai menempuh mata kuliah dasar peminatan kemudian sekarang waktunya peminatan, maka mahasiswa itu akan berkomunikasi melalui web-nya agrotek. Jadi, silahkan mahasiswa banyak-banyak melihat web. Jadi kita akan meletakkan pengumuman itu di web selama musimnya daring atau WFH. Kalua kita sudah tidak lagi daring, kita sudah tidak WFH maka pengumuman bisa ditempel di papan pengumuman.  Tetapi untuk masa sekarang aka nada prosedur untuk pemilihan minat.
1.      Mahasiswa akan mendownload fomulir, disitu disediakan formulir pilihan (ada pilihan 1, 2, 3 dst) kemudian diisi dan diserahkan ke progdi. Karena ini WFH maka system penyerahannya bisa melalui google form yang nanti akan disiapkan oleh Progdi.
2.      Ada batasan waktu, misalnya pemilihan minat itu dilakukan sampai dengan tanggal 30 Mei, jadi mahasiswa mengembalikan formulir itu paling lambat tanggal 30 Mei. Kemudian nanti progdi akan membuat list si A memilih minat apa, si B memilih minat apa dst. Nah, kemudian hasil pilihan mahasiswa akan dibawa dibawa ke rapat ditingkat progdi.
3.      Persyaratan pemilihan minat itu adalah:
·         IP
·         Misal ingin masuk agronomi, maka dasar agronomi (Matkul dasar/ prasyarat) yang bersangkutan harus A
4.      Kuota, kalau mahasiswa satu angkatan 100% maka 50% masuk minat agronomi atau budidaya, 25% masuk minat hama penyakit atau kesehatan tanaman, 25% masuk ilmu tanah atau Sumber daya lahan. Kenapa demikian? dikarenakan rasio antara dosen dan mahasiswa. jadi rasio dosen dan mahasiswa di agronomi mampu membimbing mahaiwa lebih banyak maka kuota yang masuk agronomi adalah 50% dan di Ilmu tanah dan HPT masing-masing 25%. Sehingga apabila 100% semuanya memilih budidaya, maka budidaya akan mengambil 50% saja dan yang 50% sisanya akan dipilih masuk ke jurusan yang selanjutnya. Apabila semua 100% mahasiswa memilih jurusan ilmu tanah misalnya, maka ilmu tanah akan memilih 25% kemudia 75% agronomi dan HPT.
Jadi itu adalah pertimbangan-pertimbangan yang diambil progdi, kemudia pada waktu yang ditentukan progdi akan membuat pengumuman, kembali lagi lewat web. Jadi akan ada daftar mahasiswa A B C D E masuk diminat apa.

2. Pertanyaan: Febri 2016
Menambah skripsi sampai sidang hasil di 144 SKS bisa atau tidak? Apakah bisa dilakukan secara lisan?
Jawaban: Dr. Ir. Bakti Wisnu Widjajani, MP
144 sks itu adalah SKS minimal yang wajib ditempuh oleh mahasiswa. Dari 144 SKS itu sudah termasuk skripsi. Jadi, sidang hasil mungkin yang dimaksud disini Semhas. Semhaa tidak memiliki SKS, yg ada SKS nya adalah ujian proposal skripsi dan ujian skripsi/ lisan yang bajunya putih-putih itu lo. Kalau seminar hasil walaupun bajunya putih hitam tapi dia tidak ada SKS karena dalam seminar hasil mahasiswa bukan diuji tapi menyampaikan hasil penelitiannya untuk dikoreksi sebelum yang bersangkutan maju ke ujian lisan.  
Tambahan: Dr. Ir. Moch. Arifin, MT.
Saya disini berdasarkan pengalaman teman-teman kemaren. Pertama itu saya ingatkan bahwa meskipun kita sudah sistemnya daring ya, tolong setiap nanti semesteran diminta upload ke dikti, ke BAKPK, dan lain sebagainya. Mohon teman-teman mahasiswa mempunyai bukti karena dari pengalaman yang kemaren itu, ada rekan kita mahasiswa pertanian, dia dapat beasiswa ternyata dipending. Kenapa demikian? Karena dianggap tidak melaporkan hasil kegiatan studinya yang ke dikti. Nah, setelah saya cek ternyata dia sudah melapor semuanya, sudah upload semuanya, tetapi ternyata masih bermasalah. Nah. kalo temen temen gapunya bukti untuk itu maka akan menjadi yang tersingkirkan. Saya harap itu jangan sampai terjadi. Mohon tetep diikuti semuanya dan temen-temen mohon menyimpan bukti.
Selanjutnya untuk kegiatan bidang 3, saya sudah mengumumkan mulai awal daring, dimana kegiatan itu dimulai dari Dikti sendiri yang berkaitan dengan lomba-lomba ditengah pandemic Covid-19, dari Dikti, dari UB, dari UGM, bahkan dari UPN, demikian juga yang terakhir kemaren lomba essay kalo gasalah juga dari Dikti. Saya mohon teman-teman mohon itu direspon, minimal ada yang mengangkat nama pertanian ini melalui bidang kemahasiswaan. Kan tinggal membuat essay aja yg berkaitan dengan pandemic, dimana kaitannya dengan bidang pertanian misalkan. Apakah bidang pertanian itu colaps ndak terhadap kegiatan pandemic ini atau adanya pandemic ini. Nah ternyata ampai sekarang, saya lihat belum Nampak respon dari mahasiswa yang ada meskipun saya berkali-kali sudah mengumumkan dan mengajak terutama di mahasiswa yang saya beri kuliah daring. Tetapi ditempat lain saya tetap menginformasikan melalui Ima, melalui kumpulan komting kelas. Untuk kegiatan beasiswa, kemaren saya sudah mengeshare. Selamat kepada teman-teman yang dapat beasiswa itu. Cuman yang jadi ganjalan saya, kita menurun untuk mendapatkan itu, mungkin karena kuota dari masing-masing jurusan. Tetapi untuk persiapan beasiswa kemaren saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan beasiswa tersebut.
Tambahan: Dr. Ir. Tri Mujoko, MP.
Sesuai dengan kalender akademik perkuliahan berakhir tanggal 15 mei 2020. Ujian akan dilaksanakan pada 1 Juni yaitu setelah lebaran. Setelah lebaran, sementara anda harus melakukan ujian. Jadi, semuanya harus dipersiapkan bagaimana menghadapi lebaran dalam masa pandemi. Kemudian setelah lebaran, anda akan langsung menghadapi ujian yaitu tanggal 1 Juni. Oleh karenanya, semuanya harus dipersiapkan. Yang perlu diingat, bahwa setelah ujian akan ada KPRS, KRS, KRP dll. Nah, jadi anda harus mengajukan upload ke forlab dikti. Ini harus segera dilakukan, karena kalo tidak ini akan bermasalah. Kita sering dingatkan dari BAKPK, mahasiswa ini statusnya gimana dll. Oleh karenanya, tolong temen-temen ini tolong diperhatikan. Nah, Praktikum juga akan berakhir tgl 15 mei 2020, jadi minggu depan akan banyak kegiatan yang semua akan dilakukan dengan daring. Mohon dipersiapkan, baik dari sisi materi perkuliahan antaranya kemampuan kita dalam melakukan assesment, dann dari fisik kita sehingga kita tdk akan mendapat hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saat ini saya belum mendapat materi apa, itu anda berkunjung kesanna kemari, dll itu sebaiknya dikurangi dan lakukan saja dengan cara daring, dengan komunikasi secara online dg temannya mumpung masih ada waktu. Sehingga dengan perkuliahan dengan kondisi yang seperti ini anda tidak akan menemui banyak kendala. Harus dipersiapkan siapa siapa atau CP yang harus dihubungi, atau alamat-alamat yang harus anda kenali ya. Cara menghubungi dosen gimana, nanti ngga tau dosennya, kemudian alamat emailnya dan alamat telfonnya. Kemudian juga harus mengenali bagian-bagian administrasi harus dihafalkan, misalnya kalo di Dikjar berarti ada pak Heriana juga dosen dosen, yang di pusat, perpustakaan, bakpk, harus dikenali agar tdk bingung dalam berkomunikasi. Saya kira itu, pengumuman untuk ujian nanti akan disampaikan meskipun sudah ada kalender, akan ada di web juga. Jadi sering-seringlah berkunjung ke web baik di progdi maupun fakultas. 


3.      Pertanyaan: Jodi Setiawan 2018
Dalam perkuliahan daring ini, apakah ada ketentuan khusus terkait penggunaan aplikasi atau media pembelajaran, atau sesuai keputusan antara dosen dan mahasiswa. Beberapa waktu lalu, UPN mengeluarkan informasi untuk memberikan informasi untuk menggunakan system yang diberikan UPN di e-learning, tetapi masih banyak dosen yang menggunakan media lain seperti zoom, dll. Mohon informasinya ibu/bapak, terimakasih.
Jawaban: Dr. Ir. Tri Mujoko, MP.
Jadi mas Jodi benar yang anda sampaikan, bahwa tidak ada keharusan bagi kita untuk melakukan itu dengan zoom atau google meet. Kita sudah punya media tersendiri yaitu menggunakan e-learning yang disana banyak fasilitas untuk daring. Nah, sementara ini, memang bapak/ibu dan mahasiswa banyak menggunakan fasilitas meet karena simple dan sederhana, langsung tatap muka artinya berkomunikasi secara langsung. Tapi kalo dengan e-learning, kita menggunakan respon. Responnya memerlukan beberapa waktu untuk menanggapi balik. Sebetulnya kita hanya disampaikan model pembelajaran daring yang kita maui. Tetapi bapak/ibu dosen itu beranggapan bahwa dengan menggunakan meet atau zoom akan lebih mengena, lebih respon secara langsung sehingga pembelajaran atau capaian pembelajaran itu bisa disampaikan secara maksimal. Ujian, saya kemaren juga sudah menggunakan secara e-learning ya, kalo nga salah di HPT. Nah, kebetulan saya di semester ini tidak mengajar di-anu kan. Tapi, yang dikeluhkan mahasiswa dari sisi mananya mungkin. Mungkin metodenya kan sama di e-learning dengan yang lain.  

4.      Pertanyaan : M. Rizkulloh 2019
Berdasarkan hal yg ditangkap, itukan di semester 3 sama semester 5 besok bagi kita yang angkatan 2019, kita kan sudah peminatan. Nah, yang saya tanyakan itu apakah ada kesamaan matkul antara semester 3 dan semester 5 besok di peminatan. Misalnya saya masuk oemianatan A misalya, itu apakah mata kuliah saya sama dengan kakak tingkat yang semester 5, apakah seperti itu? Terimakasih.
Jawaban: Dr. Ir. Bakti Wisnu Widjajani, MP
Tentunya berdasarkan slide 11, ini tidak sama mas Riki. Jadi untuk angkatan 19, susunan mata kuliahnya itu sudah tidak sama dengan angkatan 2018,2017,2016, dst. Karena seperti yang ibu sudah sampaikan tadi, ini sudah melewati rekonstruksi kurikulum yang 4 tahunan. Jadi semester 3 nya mas Riki dengan semester 3 nya angkatan 2017 atau 2016 pasti tidak sama. Seperti itu mas riki.
Tanggapan: Riki
Izin menanggapi bu, terimakasih banyak atas jawabannya. Saya kan angkatan 2019 misalnya masuk peminatan ilmu tanah, apakah kuliah yang saya tempuh dipeminatan ilmu tanah sama dengan kakak tingkat saya angkatan 2017 juga ketika menempuh minat ilmu tanah. Kan sama-sama awal, kan angkatan 2018 baru peminatan dan angkatan 2019 juga baru peminatan. Apakah mata kuliah kami angkatan 2019 besok dari salah satu 3 minat tersebut apakah sama dengan temen temen dari angkatan 2018?
Tanggapan: Dr. Ir. Sri Wiyatiningsih, MP.
Bu nunik apakah punya kurikulum yang lama, inikan kurikulum yang baru. Mungkin ada kurikulum yang untuk angkatan 18 ke bawah.
Tanggapan: Dr. Ir. Tri Mujoko, MP.
Pada intinya tidak sama to mas riki. Jadi yang semester 3 dan semester 5 beda mata kuliahnya.
Tambahan: Dr. Ir. Nora Agustien K, MP.
Jadi begini, mas riki angkatan 2019 ya. Mas riki ini melihat semester lalu. Memang semester yang lalu, anak 2017,2018 itu ada satu mata kuliah itu bersamaan karena perubahan perubahan yang menyebabkan satu jenis mata kuliah bisa diambil Bersama-sama antara semester 3 5 atau 2 dan 4 begitu. Kemaren kan ada perubahan seperti itu, dimata kuliah say dulu pernah seperti itu. Jadi, ada satu mata kuliah yang karena perubahan tempat semester sehingga pengikutnya itu berlebihan karena dua semester berbeda mengambil satu jenis yang sama. Jadi itu yang dimaksud riki kan itu, apakah dikurikulum yang baru ini, matkul yang diambil mahasiswa semester 3 dan 5 apakah masih ada lagi yang kres seperti itu.

5.      Pertanyaan Fajar Riska
Jadi, untuk waktu tanggal merah apakah dosen masih memiliki wewenang untuk tetap melakukan mata kuliah atau tergantung kebijakan dosen masing-masing?
Jawaban: Dr. Ir. Tri Mujoko, MP.
Baik kalau tanggal merah sesuai dengan kebijakan nasional bahwa tanggal itu adalah tanggal libur, digunakan untuk menghormati salah satu atau kegiatan yang bertepatan dengan hari yang bersangkutan. Nah saya kira itu jawabannya, intinya adalah libur ya. Tetapi kemaren ada salah satu dosen yang melaksanakan perkuliahan saat tgl merah. Nah, sebelumnya dosen pasti menanyakan apakah ada diantara mahasiswa itu yang berkegiatan pada saat itu. Jadi, ada kesepakatan antara dosen dan mahasiswa. Pada intinya adalah Libur.  

6.      Pertanyaan: Dharmi Wimi pertiwi
1.      Mengenai 50 menit waktu tatap muka yang diberikan dalam satu SKS, bagaimana dengan dosen yang tidak memberikan penjelasan sama sekali atau melakukan tatap muka secara daring. Karena saya dan teman-teman dari kelaas lain ada yang mengalami hal demikian.
2.      Mengenai merdeka belajar, apakah berlaku untuk semua angkatan atau hanya berlaku untuk angkatan 2018-2019 saja? Terimakasih.
Jawaban: Dr. Ir. Tri Mujoko, MP.
Dalam satu SKS tadi sudah disampaikan oleh Bu nunik itu adalah kalua dalam kondisi normal itu 50 menit tatap muka, 60 menit tugas terstruktur yang diberikan dosen, 60 menit mandiri. Nah pada saat kondisi ini, di merdeka belajar SKS itu ada perubahan. Sekarang bukan 50 60 menit, tapi kaitannya dengan jam kerja. Jadi bias dianalogkan dengan jam kerja. Bukan kembali ke tatap muka atau factor yang lain-lain. Berdasarkan jam kerja, anda bisa lebih mandiri, lebih banyak belajaranya. Jadi banyak perubahan fenomena dengan SKS pada saat eranya pak nadiem sekarang.
Kemudian untuk yang kedua, merdeka belajar sudah dimulai pada semester depan ini untuk semua angkatan ada perubahan-perubahan. Kalau untuk yang angkatan 2019 sudah mulai di semester 3, 4 dsb. Kalau yang semester 5 sudah bisa mulai dilakukan asalkan memenuhi kriteria yang tadi disampaikan oleh bu Nunik. Sehingga didalam panduannya mungkin ada tambahan atau pengumuman yang menginformasikan tentang perubahan-perubahan itu tadi. Pada intinya yang mulai awal perubahan yaitu angkatan 2019. Angkatan 2017,2018 dst itu akan mengikuti sesuai dengan apakah syarat yang ditentukan tadi memenuhi.
Tanggapan: Dr. Ir. Bakti Wisnu Widjajani, MP
Saya sepakat dengan jawaban pak tri, saya hanya ingin menambahkan. Merdeka belajar akan dimulai secepatnya untuk semua angkatan mulai dari sekarang. Tetapi memang yang paling leluasa untuk diatur yaitu angkatan 2019. Kalau angkatan yang sudah di semester 6 itu mungkin relative sulit karena sudah semester 6 dan sudah mendekati magang. Jadi yang semester 6 bisa menyesuaikan dengan program menambah sks atau menambah waktu magang.

7.      Pertanyaan: SE mbunyi
Bagaimana jika ada dosen yang memaksakan untuk melakukan perkuliahan ditanggal merah dan bagaimana jika ada dosen yang menginginkan pengumpulan tugas dalam bentuk hardcopy yang kemudian mengharuskan mahasiswa untuk ke kampus?
Jawaban: Dr. Ir. Tri Mujoko, MP.
Pemaksaan itu tidak dibenarkan karena tidak ada pemaksaan dalam perkuliahan. Jadi kalau dalam keadaan darurat seperti yang sudah disampaikan bahwa akan dilaksanakan kalau ada kesepakatan. Jadi, kalau ada sesuatu, ada beberapa mahasiswa yang tidak mengikuti perkuliahan itu berarti tidak ada kesepakatan. Mungkin bisa cari di hari lain atau jam lain diluar itu. Nah, pengumpulan tugas diluar sebaiknya dihindarkan. Memang beberapa materi itu kadang mahasiswa dibatasi pengumpulannya. jadi kalo tugas dalam bentuk itung-itungan kalo pengerjaannya dengan komputer membutuhkan waktu yang agak lama dibandingkan dengan tulis tangan. Harusnya dosen memberi kelonggaran, kelonggaran dalam arti waktu untuk pengumpulan sehingga mahasiswa tidak dibenarkan untuk datang ke kampus. Sementara kita itu mengikuti arahan atau anjuran pemerintah untuk stay at home. Kalau harus mengumpulkan ke kampus bisa menggunakan jasa yang lain. Jadi anda tidak perlu datang kekampus tapi gunakan jasa yang lain. Intinya garis besarnya dilarang.

8.   Pertanyaan: Faiz
Jika ada mata kuliah di semester 3 saya yang belum saya ambil, tetapi pada system yang baru ini mata kuliah tersebut sudah tidak ada contohnya cekaman lingkungan. Nah yang harus dilakukan mahasiswa itu apa?
Jawaban: Dr. Ir. Tri Mujoko, MP
untuk kasus-kasus khusus itu memang perlu perhatian khusus ya dan penangan khusus. Jadi, kalau mau ambil itu, harus meminta izin kepada bidang 1, yang nanti bidang satu akan memberikan surat kepada dosen yang mengampu mata kuliah yang bersangkutan untuk memberikan layanan terhadap mahasiswa yang karena sesuatu hal belum mengambil mata kuliah itu dan pada saat yang bersamaan mata kuliah itu tidak keluar.
Tambahan: Dr. Ir. Bakti Wisnu Widjajani, MP
memang ada perubahan-perubahan kurikulum yang terjadi, tadi kita ambil contoh ya rekontruski 4 tahunan kemudian ada peninjauan kurikulum tiap tahun atau dua tahun sekali. Memang ada matkul matkul yang sekarang ada besok gaada. Itu tadi sudah dijelaskan oleh pak Tri bahwa Mahasiswa boleh mengajukan ke bidang I untuk melakukan perbaikan atau menempuh. Jadi, memang setiap angkatan itu acuannya panduan yg berbeda. 2017 ya panduan 2017, 2019 panduan 2019. Jadi kalau 2017 ada yang belum menempuh, itu bisa menghadap ke bidang I Kemudian akan dibuatkan surat kemudian akan dilayani oleh dosen yang bersangkutan/pengajarnya. Mungkin apa ya pak tri Namanya, di semester pendek mungkin. Mungkin seperti itu.
Tambahan: Dr. Ir. Bakti Wisnu Widjajani, MP
Ibu ingin menambahkan bahwa ada 2 hal yang saya ingin garisbawahi untuk temen-temen mahasiswa semuanya.
1.      Mulai angkatan 2017 nanti kelulusan skripsi, ketuntasan pembelajaran yang tadi saya sebutkan itu ditambah satu yaitu penulisan artikel didalam jurnal ilmiah. Jadi kalau untuk angkatan 2017, sekarang saya sidang skripsi, ujian lisan, kemudian saya revisi minggu depan saya yudisium, itu TIDAK BISA. Jadi, saya harus menulis dulu dijurnal yang terakreditasi. Nah, itu sebagai syarat. Jadi, mohon didengarkan, diingat-ingat, dicatat temen-temen angkatan 2017 ini sudah mulai ada satu kebijakan baru bahwa mahasiswa harus menulis di jurnal yang terakreditasi. Nanti oleh progdi akan disiapkan jurnalnya untuk menerima tulisan teman teman.
2.      Mahasiswa, mulai tahun ajaran 2019 program pembelajaran berbasis luaran sehingga kebijakan ini juga berpengaruh terhadap aktivitas Imagrotek. Beberapa waktu yang lalu, sebelum WFH ibu sudah sampaikan kepada teman-teman di Ima untuk menyesuaikan RAB, menyesuaikan kegiatannya sesuai kebijakan yang harus kita ikuti mulai tahun 2019. Jadi contohnya begini, seorang mahasiswa itu diharapkan mengikuti kegiatan-kegiatan akademik. Jadi progdi akan menganggarkan untuk mahasiswa walaupun tidak banyak karena sudah terserap untuk praktikum. Tetapi ini kemaren sudah disampaikan oleh Ima dan kami sudah sepakati antara progdi dan imagrotek bahwa program pembelajaran itu harus ada luaran. Luarannya salah satunya adalah keikutsertaan mahasiswa di seminar nasional atau internasional, keikutsertaan dalam perlombaan sebagai juara, keikutsertaan mahasiswa didalam kegiatan lomba karya tulis Ilmiah. Ini seperti yang dihimbau oleh pak Arifin, ayo mahasiswa mengikuti kegiatan-kegiatan ini yang sebenarnya sudah masuk ke peraturan rektor. Jadi monggo siapapun anda, ayo lakukan kegiatan-kegaiatan yang menghasilkan luaran. Saya ikut seminar luarannya apa, bisa prosiding. Sya ikut lomba luarannya apa, juara. Progdi sudah memulai dari semester kemaren sebelum peraturan rektor keluar. Kami sudah memulai bahwa mahasiswa angkatan 2015, mereka yang lulus sebagian besar sudah mempresentasikan kan hasil penelitiannya/skripsinya di seminar seminar kalangan-kalangan ilmiah. Jadi mengikuti seminar nasional baik di jawa timur maupun luar jawa.




KESIMPULAN
1.      Skripsi bisa dilakukan setelah menempuh 136 sks, jikalau dikatakan lulus S! yaitu telah menempuh 144 SKS menempuh 144 sks.
2.      Matkul penjurusan untuk semester 3 dan semester 5 yang sama-sama akan melakukan peminatan jelas berbeda.
3.      Ketika ada dosen yang mengajar pada hari libur, seharusnya libur untuk menghormati hari tersebut.
4.      Mahasiswa yang belum mengambil suatu mata kuliah dan ingin mengambilnya, namun mata kuliha tersebut sudah tidak ada, maka mahasiswa boleh mengajukan ke bidang I untuk melakukan perbaikan atau menempuh mata kuliah tersebut dan kemudian akan dibuatkan surat dan akan dilayani oleh dosen yang bersangkutan/pengajarnya.
5.      Pengumpulan hardcopy yang mengharuskan mahasiswa datang ke kampus harus dihindari. Solusinya bisa dengan menggunakan media lain atau jasa lain.
6.      Saat kondisi pandemic ini, merdeka belajar mengalami perubahan, bukan lagi didasrkan pada jam tatap muka tapi kaitannya dengan jam kerja sehingga mahasiswa bisa lebih mandiri dan lebih banyak belajar.
7.      Merdeka belajar sudah dimulai pada semester depan. untuk yang angkatan 2019 sudah mulai di semester 3, 4 dsb. Kalau yang semester 5 sudah bisa mulai dilakukan asalkan memenuhi kriteria yang ada.
8.      Dalam kampus merdeka, mahasiswa boleh melakukan kuliah didalam progdi dan luar progdi (in house dan out house). Konsepnya yaitu mahasiswa harus menempuh 5 semester didalam progdi yang mengharuskan mahasiswa menyelasaikan mata kuliah wajib dan 3 semester (semester 6,7,8) mahasiswa boleh mengambil mata kuliah diluar progdi.
9.      Mulai angkatan 2017 nanti kelulusan skripsi atau ketuntasan pembelajaran ditambah satu yaitu penulisan artikel didalam jurnal ilmiah.
10.  mulai tahun ajaran 2019 program pembelajaran berbasis luaran. Luarannya salah satunya adalah keikutsertaan mahasiswa di seminar nasional atau internasional, keikutsertaan dalam perlombaan sebagai juara, keikutsertaan mahasiswa didalam kegiatan lomba karya tulis Ilmiah.






😊 Anak-anakku mahasiswa, anda jangan melihat yang dulu. Sekarang ini ayo kita sadari bahwa kegiatan perkuliahan ini agak tersendat karena sistemnya daring, tetapi kita harus saling menyadari bahwa masalah ini bukan Indonesia saja tetapi juga dunia sehingga kita tetap semangat. Saya selaku dosen, bapak/ibu juga selaku dosen akan membimbing anda dan kemudia anda yang harus semangat 😊
(Prof. Dr. Ir. Juli Santoso P., MP.)


😊 Assalamualaikum wr. wb. sehubungan dengan kondisi WFH/ kuliah daring mari kita saling menghormati dan saling menghargai antara dosen dan mahasiswa. Jadi memang kadang-kadang kuliah daring ini sulit bagi kita semua. Sebenarnya yang sulit ngga hanya mahasiswa, tetapi dosen juga. Kalau ada dosen yang memaksakan, monggo ketua kelasnya bisa dengan sopan dan dengan baik-baik melakukan diskusi atau negosiasi dengan dosen. Asal dilaksanakan dengan sopan dan baik, pasti dosen akan memahami. saya juga mohon, pulsa yang diberikan UPN digunakan sebaik-baiknya untuk kuliah jangan untuk game dan medsos yang tidak perlu. Sedangkan, untuk masalah luaran sepeerti seminar-seminar, barangkali nanti ada yang dilaksanakan oleh progdi bisa mulai membiasakan diri untuk ikut.😊
(Dr. Ir. Sri Wiyatiningsih, MP.)


😊 Selamat belajar dan jangan pernah turun semangatnya, apapun kondisinya. Semua kesulitan ini semoga ada kebaikan dibalik ini. Saya mengutip kata-kata bu wiwit, ayo kita saling menghargai 😊
(Dr. Ir. Bakti Wisnu Widjajani, MP.)



PENUTUP

Post a Comment

0 Comments